Tuesday 10 March 2015

Kiat jadi mentor yang baik



Kiat jadi Mentor yang baik (PINTER)

Bagi yang ingin menjadi mentor atau pemateri dalam kajian kelompok atau halaqah, supaya siap dan jadi mentor panutan bisa coba kiat – kiat berikut.
1.    Percaya Diri
Agar timbul Percaya Diri (PD), sebelum menyampaikan materi Mentor perlu menyiapkan hal-hal berikut dengan baik.
a. Materi
    Materi yang akan disampaikan disiapkan dengan baik dan dikuasai secara maksimal oleh pemateri.
b. Penampilan
Penampilan seorang mentor terlihat rapi, bersih, dan menyenangkan.
c. Kondisi Fisik
Seorang mentor perlu memiliki kondisi fisik yang prima agar dalam menyampaikan materi dapat tersampaikan dengan baik dan tidak diganggu oleh kondisi fisiknya.

2.    Ikhlas
Ketika seseorang menjadi mentor atau pemateri dalam sebuah kajian kelompok atau halaqah, maka hal utama yang harus dilakukan adalah membersihkan niat agar apa yang dilakukan betul-betul ikhlas karena Allah Swt.

3.    Nggak (Tidak) Sok Tahu
Menjadi seorang mentor atau pemateri tentu memiliki pemahaman yang lebih dari para tutor, akan tetapi mentor yang baik tidak memosisikan diri sebagai orang yang lebih tahu atau sok tahu daripada tutornya.

4.    Tabah
Dalam sebuah kajian tentu tidak selalu berjalan dengan lancar atau sesuai kehendak diri kita, ada saja halangan atau gangguan yang mungkin menghalangi jalannya kegiatan tersebut sehingga diperlukan ketabahan dalam menghadapinya.

5.    Empati
Terkadang dalam pelaksanaan mentoring ada momen sharing, sehingga diperlukan sikap empati dari mentor ketika dalam momen tersebut ada hal – hal yang perlu dipecahkan atau dicarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Sikap simpati saja tidak cukup, sehingga diperlukan sikap empati.

6.    Ramah
Seorang mentor perlu memiliki sikap ramah agar para tutor merasa nyaman, senang, dan mau mengikuti kegiatan mentoring dengan baik dan semangat.

Demikian kiat jadi mentor yang baik, disingkat PINTER semoga bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan.




Terimakasih.
Sumber:
Catatan lama saat kuliah

No comments:

Post a Comment